Pasar Faktor Produksi : Tenaga Kerja dan Tanah

KESEIMBANGAN  perusahaan dapat dilihat dari dua sisi,yaitu sisi produksi dan sisi penggunaan faktor produksi.Untuk memproduksi barang dan jasa perusahaan membutuhkan beberapa faktorproduksi pokok,yaitu :
·         tenaga kerja,dengan balas jasa berupaupah atau gaji(wage/salary)
·         barang modal(mesin dan tanah),dengan balas jasa berupa sewa(rent)
·         uang,dengan balas jasa berupa bunga(interest)
A.    Konsep-konsep Dasar
Beberapa konsep dasar yang harus diketahui untuk analisis faktor produksi adalah:
·         faktor produksi sebagai permintaan turunan(derived demand)
·         hubungan antara faktor produksi(substitusi atau komplemen)
·         hukum pertambahan hasil yang makin menurun (the law of diminshing return)
·         efek substitusi dan efek output(subtitution and output effect)

1.      Faktor Produksi Sebagai Permintaan Turunan (DERIVED DEMAND)
Permintaan terhadap suatu barang dikatakan sebagai permintaan turunan(DERIVED DEMAND) bila permintaan terhadap suatu barang tersebut sangat tergantung pada permintaan terhadap barang lain.
2.      Faktor produksi Subtitusi Dan Komplemen (Subtitutable And Complementinput)
Hubungan antara faktor produksi dikatakan bersifat subtitusi bila penambahan penggunaan faktor produksi yang satu mengurangi penggunaan faktor produksi yang lain.
3.      Hukum Pertambahan Hasil Yang Makin Menurun (Law Of Diminshing Return)
Sama halnya dengan konsumsi,penambahan penggunaan faktor produksi pda awalnya juga memberikan hasil yang besar,namunmakin lama dengan tingkat pertambahan yang makin menurun.
4.      Efek Subtitusi Dan Efek Output (Subtitution And Output Effect)
Analisis efek subtitusi(subtitution effect)dalam pasar faktor produksi,analogis dengan efek subtitusi pada teori prilaku konsumen.


B.     Faktor-Faktor Penentu Permintaan Terhadap Faktor Produksi (Input Demand Factors)
Dari uraian diatas,sebenarnya telah dapat di simpulkan beberapa faktor yang mempengaruhipermintaan terhadap faktor produksi,yaitu sebagai berikutL:
1.      Harga faktor produksi
Yang dimaksud dengan harga produksi adalah upah dan gaji untuk tenaga kerja dan sewa untuk barang modal dan tanah.
2.      Permintaan terhadap output
Makin besar skala produksi makin besar terhadap permintaan input.kecuali input tersebut telah bersifat inferior.
3.      Harga faktor produksi yang lain
Pengaruh perubahan harga suatu faktor produksi terhadap permintaan faktor produksi lainnya sangat berkaitan dengan sifat hubungan antar faktor produksi.
4.      Kemajuan teknologi
kemajuan teknologi mempunyai dampak yang mendua terhadap permintaan faktor produksi. Dalam arti kemajuan teknologi dapat menambah atau mengurangi permintaan terhadap faktor produksi.
C.     Penawaran Faktor Produksi
Ada perberdaan yang mencolok antara penawaran tenaga kerja dan penawaran tanah. Penawaran tanah bersifat inelastis sempurna, karena jumlah tanah terbatas. Penawaran tenaga kerja adalah total jumlah keinginan kerja (jam kerja) yang diberikan oleh seluruh individu yang ingin bekerja (angkatan kerja) yang ada dalam pasar.
D.    Pasar Tenaga Kerja Berstruktur Persaingan sempurna (Perfect Competition Labour Market)
Dalam pasar tenaga kerja persaingan sempurna, pembeli (perusahaan) maupun penjual (pemilik faktor produksi atau tenaga kerja) tidak dapat memengaruhi harga pasar.
E.     Permintaan tenaga kerja dalam model satu macam faktor produksi variabel (one variable input model)
Model permintaan tenaga kerja dalam satu macam faktor produksi variabel mengasumsikan hanya tenaga kerja yang dapat di ubah-ubah jumlah penggunaannya. Permintaan industri terhadap tenaga kerja (industries labour demand) adalah total permintaan perusahaan-perusahaan yang ada dalam industri. Ini juga analogis dengan permintaan output dalam analisis perilaku konsumen.

F.      Permintaan Tenaga Kerja Dalam Model Beberapa Macam Faktor Produksi Viriabel (Multi Variables Input Model)
Model ini melonggarkan asumsi model di atas. Dengan demikian penambahan penggunaan tenaga kerja dapat diimbangi dengan penambahan faktor produksi lainnya (mesin).
G.    Pasar Tenaga Kerja Berstruktur Monopoli (Monopolistic Labour Market)
Tenaga kerja dapat memiliki daya monopoli faktor produksi, misalnya dengan membentuk serikat pekerja ( labour inion). Dengan daya monopoli, serikat pekerja dapat menentukan beberapa tingkat upah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
H.    Monopsoni (Monopsony)
Monopsoni (Monopsony) adalah suatu keadaan dimana dalam pasar faktor produksi (tenaga kerja) hanya ada satu pembeli (single buyer).
I.       Monopoli Bilateral (Bilateral Monopoly)
Kondisi Monopoli Bilateral (Bilateral Monopoly) terjadi apabila pekerja memiliki daya monopoli, misalnya melalui serikat pekerja, sementara perusahaan memiliki daya monopsoni.
J.       Pasar Tanah (Land Market)
David Richardo (ekonom inggris abad 19) adalah ekonom pertama yang mmembahas mekanisme penentuan harga sewa tanah untuk pertanian. Menurutnya, harga sewa tanah sangat di tentukan oleh tingkat produktifitas tanah. Makin Produktif (subur), harga sewa tanah makin mahal. 
1.      Model Sewa Tanah Richardo (Richardian Model).
Untuk dapat membuat model grafis dari pemikiran Richardo, kita membuat beberapa asumsi :
a.       Berdasarkan tingkat kesuburannya, tanah di bagi menjadi tiga kelas, yaitu kelas subur, sedang dan tidak subur.
b.      Jumlah tanah yang subur lebih sedikit dari tanah yang sedang, dan jumlah tanah yang paling banyak adalah tanah yang tidak subur.
2.      Kontekstualisasi Model Richardo
Apa yang disampaikan Richardo lebih dari 100 thn yang lalu memberikan peralatan analisis kepada generasi kita untuk memahami gejala menghubungnya tingkat harga jual atau sewa tanah di era modern ini. Apa yang diungkapkan Richardo mengajarkan bahwa karena penawaran tanah inelastis sempurna, maka penentuan harga jual atau sewa semata-mata ditentukan oleh sisi permintaan (demand determined prices). Dalam era modern, produktivitas tanah diukur dari seberapa besar output yang dihasilkan karena memproduksi di lokasi tersebut.


SHARE
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com